Membuat Paragraph pada Halaman Website

Cara Membuat Paragraph HTML - paragraph juga penting dalam pembuatan sebuah halaman bebasis HTML, karena dengan menggunakan paragraph definisi yang kita tulis menjadi lebih mudah di baca.

Paragraph pada HTML selalu digunakan dalam pembauatan halaman web, hampir semua website menggunakan paragraph contohnya blog yang sedang sobat baca ini.

Selain mudah dibaca, halaman yang menggunakan paragraph lebih terstruktur dan rapih dalam penyajian informasi, apa lagi informasi berbasis teks. Sehingga sangat direkomendasikan menggunakan paragraph dalam pembuatan informasi berbasis HTML.

Cara Membuat Paragraph HTML

Materi pembelajaran ini merupakan lanjutan dari materi Membuat Baris pada HTML. Jika sobat belum membacanya silahkan untuk dibaca terlebih dahulu materi tersebut.

Paragraph pada HTML meggunakan tag "<p>" yang cukup simple dan mudah di ingat oleh kita. Paragraph juga biasanya kita padukan dengan penjajaran atau alignment yang pada umunya terdiri dari, left, right, center, dan justify.

Pada pembelajaran kali ini kita haya menggunakan tag "<p>" saja tanpa ada penjajaran terlebih dahulu, karena materi tersebut akan kita bahas pada materi Belajar CSS.

Kita akan membuat kode baru dengan menggunakan struktur yang telah kita buat pada materi sebelumnya yaitu, Struktur dan Penulisan HTML. Jika sudah mengetahuinya mari kita lanjut, tapi jika belum mengetahui alangkah baiknya membaca materi tersebut terlebih dahulu. Atau jika malas membaca silahkan ambil kode di bawah ini.



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
Isi halaman
</body>
</html>

Mari kita mulai membuat paragraph dengan memberi tag "<p>". Kita akan membuat 2 paragraph dengan paragraph pertama berisi "Aku pertama" dan yang kedua berisi "Aku setelah pertama".

<p>Aku pertama</p>
<p>Aku setelah pertama</p>

Jangan lupa menutup tag tersebut dengan tag slash P atau "</p>" agar paragraph terstruktur dan tidak menggangu kepada paragraph lainnya.

Mari kita masukan kode tersebut pada bagian diantara tag body, sehingga kita mendapatkan kode seperti ini.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
<p>Aku pertama</p>
<p>Aku setelah pertama</p>
</body>
</html>

Sekarang mari kita lakukan pencobaan kode yang telah kita buat, akankah berhasil atau tidak. Dan ternyata hasil percobaan kita berhasil!.

Cara Membuat Paragraph HTML

Di atas merupakan screenshoot hasil dari kode yang telah kita buat di atas, kok sama kaya tag BR? Sekilas terlihat sama kedua tag tersebut memiliki perbedaan dalam pembuatan halaman.

Seorang Blogger? Baca ini : 20+ Situs Aktif Tempat Download Gambar Gratis untuk Artikel Blog + Lainnya

Bagaimana sobat? Cukup mudahkan. Pada dasarnya semua akan terasa mudah jika kita bersungguh-sungguh dalam melakukannya.


Demikian materi pembelajaran tentang pembuatan sebuah paragaph dalam halaman website, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

0 Response to Membuat Paragraph pada Halaman Website

Posting Komentar